Pages

AKU SUKU JAWA ~(^_^~)(~^_^)~

Aku tinggal di Yogyakarta tepatnya di JL. Kaliurang, sejak lahir aku disini sampai sekarang. Aku merupakan anak suku Jawa. Suku jawa ini  merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa TengahJawa Timur, dan Yogyakarta. Setidaknya 41,7% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa.  Selain di ketiga propinsi tersebut, suku Jawa banyak bermukim di LampungBantenJakarta, dan Sumatera Utara.
Suku bangsa Jawa sebagian besar menggunakan bahasa Jawa dalam bertutur sehari-hari. Begitupun aku selama berkomunikasi dalam keluarga,namun aku juga kadang menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi dengan teman-teman ku disekolah karena sebagian dari mereka tidak mengerti benar bahasa jawa yang halus atau tata karma.Bahasa Jawa memiliki aturan perbedaan kosa kata dan intonasi berdasarkan hubungan antara pembicara dan lawan bicara, yang dikenal denganunggah-ungguh. Aspek kebahasaan ini memiliki pengaruh sosial yang kuat dalam budaya Jawa, dan membuat orang Jawa biasanya sangat sadar akan status sosialnya di masyarakat.
Orang Jawa sebagian besar menganut agama Islam. Tetapi ada juga yang menganut agama Protestan dan Katolik. Mereka juga terdapat di daerah pedesaan. Penganut agama Buddha dan Hindu juga ditemukan pula di antara masyarakat Jawa. Ada pula agama kepercayaan suku Jawa yang disebut sebagai agama Kejawen. Kepercayaan ini terutama berdasarkan kepercayaan animisme dengan pengaruh Hindu-Buddha yang kuat. Masyarakat Jawa terkenal akan sifat sinkretisme kepercayaannya. Semua budaya luar diserap dan ditafsirkan menurut nilai-nilai Jawa sehingga kepercayaan seseorang kadangkala menjadi kabur. Aku sering melihat ada nenek-nenek membakar kemeyan di bawah pohon besar belakang rumahku sambil membawa banyak makanan,bunga,kendi,dan sebagainya. Aku sering bertanya pada diriku  sendiri untuk apa semua itu??, kalau aku mulai binggung lalu aku bertanya pada eyangku, kata beliau itu adalah tradisi.

0 Comment:

Posting Komentar